RSS

Nasi Uduk Ungu

28 Sep
Nasi Uduk Ungu

Mungkin orang mengira-ngira, atau beberapa malah udah tahu kalau nama Violeta diambil dari kata violet alias purple alias ungu. Saya memang penggemar berat ungu. Dari kecil bahkan punya kecenderungan yang unik (ga mau dibilang aneh hehehe…): Saya nggak mau pake pensil warna atau crayon warna ungu dengan alasan biar paling awet :p. Makanya setelah menikah pun udah menyiapkan nama anak satu setengah tahun sebelum hamil. Kriterianya cuma satu, harus ada kata Violeta.

Nah, pas lagi dateng penyakit males masak, saya baca-baca Tabloid Saji koleksi saya. Nemu satu artikel tentang nasi uduk hijau dan ungu. Ya, jelaslah yang ungu lebih menarik hati, sayang justru yang ada resepnya malah nasi uduk hijau. Ya bagaimanapun juga, saya nggak bisa masak kalau nggak ada contohnya, namanya juga chef abal-abal :p. Akhirnya saya gugling dan nemu ada satu kafe di Serpong yang namanya Sweet Purple, eh ndilalah kersane ngalah besoknya muncul di TV. Mantaplah saya mau bikin nasi uduk ungu ini. Masalah rasa belakangan, yang penting ungu, yuukkk…

Besok paginya, saya semangat 45 ke pasar buat beli ubi ungu dan kelapa parut *males marut dotkom*. Ternyata setelah menjelajahi pasar inpres Gegerkalong dari ujung ke ujung, nanya sana sini, saya nggak nemu ubi ungu. Padahal kalau beli di pasar, ubi ungi cuma 4 ribu sekilo. Murah kan?

Saya belum menyerah, di depan Alfamart Gerlong sering ada tukang jualan ubi ungu juga. Dengan semangat 50 *soalnya tadi udah 45* saya nyamperin dan hasilnya nihil. Saya ulangi lagi esoknya, kali ini sambil bertanya ke penjual di sampingnya. Kebetulan lagi banyak orang yang main catur, salah satunya nyeletuk, “Udah 2,5 minggu ubi-nya kosong teh, jadi nggak jualan.” *dalam hati si aa ini rajin banget nagapalin udah berapa lama stok ubi kosong, padahal bukan doi yang jualan*. Lemeslah saya :(, padahal hati ini udah nggak mungkin berpaling ke menu lain. Saya sms suami minta tolong mampir ke Superindo Dago atas rekomendasi Mbak Titi, kali-kali aja ada. Hasilnya nihil, katanya Superindo nggak pernah jual ubi ungu. Serius?

Keesokan harinya, saya ngobain ke Griya dan Borma Setiabudi, tetep nggak nemu. Akhirnya sms dengan putus asa ke Bu Pingkan nanyain di mana beli ubi ungu. Doi jawab di Griya Pahlawan, mungkin di Griya lain juga ada. Kepikiranlah mau ke Riau Junction, tapi jauh. Lalu centring, lampu di kepala jadi nyala, “Pasti di Setiabudi Supermarket ada.” Dan ya, akhirnya saya mendapatkannya. Langsung sms hula-hula ke Bu Pingkan. Jadi, dalam pencarian ubi ungu ini setidaknya ada tiga orang yang berjasa, yaitu suami saya, Mbak Titi, dan Bu Pingkan. Sebagai ucapan terima kasih, saya sebut di postingan *haiyah*

nasi uduk ungu

Enak dan gurih, cuma kurang asin ternyata :(

Waduh, ngejelasin beli ubi ungu aja kok panjang banget yak? Okelah, mari kita ceki-cei resepnya, barangkali ada yang berminat membuat di dapur masing-masing, kalau mau bikin di dapur saya, pasti nggak boleh dong *pelit*. Resep aslinya sih nasi uduk ungu dari Tabloid Saji edisi 238, 9-22 mei 2012. Saya modifikasi bebas, cuma nyontek step-stepnya aja. Plussss… saya pakai cara cepat, masak di magiccom. Mari kita manfaatkan teknologi untuk membuat masakan enak dan cepat, bisa disambi nonton drama Korea pastinya :D.

Ini resep hasil modifikasi bebas saya seorang
50 gram ubi ungu, kukus. Saya pakai setengah ubi ukuran sedang.
150 gram beras, kalau pake takaran cup beras bawaan magiccom sekitar satu setengah cup. Tapi ya jangan lupa saya kan punya timbangan andalan *sombong*
1 sdm garam
1 lembar baun salam
1/2 gelas santan kental
2 batang serai, ambil putihnya geprek
Air secukupnya, agak sedikit dilebihin dari takaran air biasanya ya.

How to
1. Cuci bersih beras, masukkan ke bowl magic com
2. Blender ubi ungu kukus bersama santan sampai lembut, masukkan ke bowl juga.
3. Masukkan serai, daun salam, garam.
4. Tambahkan air secukupnya seperti biasa kita masak nasi di magiccom, lebihin dikiiit aja biar nasi nggak terlalu keras.
5. Aduk rata lalu tekan tombol on. Kalau nggak nyala, berarti Anda lupa nyolokin kabel :p.
6. Setelah matang, langsung aduk rata karena biasanya santan belum terserap sempurna.
7. Selesaiiiii…. Nasi uduk siap dinikmati bersama ikan bawal bakar, bawang goreng, dan sambal terasi.

nasi uduk ubi ungu

Ditemani bawal bakar dan sambal terasi. Hmmm…

Nah, warnanya cantik banget kan? Setelah matang dan diaduk, diamkan beberapa saat sampai nasi benar-benar tanak. Setelah agak dingin, warnanya akan semakin tajam, semakin ungu. Jadi nggak sabar pengen nyomot-nyomot :D.

Kalau gugling, sebenernya ada versi resep yang ubi ungunya disaring, tapi saya merasa sayang karena takut nutrisinya malah terbuang. Ubi ungu ini sekarang lagi naik daun loh, konon bisa menyembuhkan berbagai penyakit karena mengandung berbagai macam antioksidan. Oya, ubi ungu yang saya pakai ini ubi jepang. Seumur-umur baru sekali ini juga sih beli ubi Jepang, biasanya beli di pasar aja yang lokal-lokal karena harganya cuma setengahnya atau bahkan sepertiganya. Memang sih masih banyak tanahnya, masih kotor, nggak mulus kayak ubi Jepang yang dijual di supermarket, tapi kan bisa dicuci. Yuk, mulai mencintai produk-produk lokal *ngomong gini tapi beli ubu jepang, ini mah terpaksa ya pemirsa*.

Menu ini cocok banget untuk menaikkan berat badan karena mengandung karbohidrat ganda. Ayo-ayo yang anaknya beratnya kurang, boleh banget bikin ini, gampang dan sehat. Untuk ibu-ibunya yang sedang kelebihan berat badan *ngaca*, dengan berat hati pula mohon di rem selera makannya.

nasi uduk ungu

*Diposting untuk memeriahkan Indonesian Festive Rice (IDFB Challenge #6) dalam rangka ulang tahun pertama Indonesian Foodblogger. Selamat ulang tahun IDFB :).

Gabung IDFB di sini

About these ads
 
40 Comments

Posted by on September 28, 2012 in Jeprat Jepret, Resep

 

Tags: , , , , ,

40 responses to “Nasi Uduk Ungu

  1. Nchie Hanie

    September 28, 2012 at 5:20 pm

    waahh ngilerr..
    mauuuu..
    Karbo makan karbo..

    Cantik warnanya ya, nyobain ahh. bikin.!!
    Kayanya lebih enak di kirimin Mak Ika nih..*menunggu icip icip*

    Ujung2nya ngontes thoo
    Moga menang yaa..

     
    • dapurhangus

      September 28, 2012 at 5:25 pm

      hehehe… ga ngontes2 banget sih :p. Besok mau nyobain bikin nasi bakar nih, masih banyak soalnya. Vio mau, tapi ragu2 gitu mau makan :(

       
  2. Myra Anastasia

    September 28, 2012 at 5:40 pm

    besok2 kl susah cari ubi ungu ke tempat sy aja di bekasi, di pasar banyak apalagi di superindo disini.. :D

     
    • dapurhangus

      September 29, 2012 at 12:24 am

      Asyekkkk…. Makanya heran deh kok di SUperindo Dago bilang ga pernah jualan ya?

       
  3. hana

    September 28, 2012 at 7:40 pm

    cuantikkk bangettt nyari ubi ungu di abudhabi dimana yah?? hiks

     
    • dapurhangus

      September 29, 2012 at 12:25 am

      Dikirim dari Mak Mira aja, langsung dari Superindo Bekasi hihihi…

       
  4. Bali Bagus

    September 28, 2012 at 10:56 pm

    Wahhhh rasanya ingin aku mencoba….. Warnanya kerrreeennn, pasti enak banget

     
    • dapurhangus

      September 29, 2012 at 12:26 am

      Kalau dibilang enak banget nggak juga sih, cenderung bikin cepet kenyang soalnya kan karbohidrat ketemu karbohidrat lagi. Tapi warnanya memang super keren :D

       
  5. Pakde Cholik

    September 28, 2012 at 11:40 pm

    Jadi ingat waktu makan nasi ungu di Cimahi he he he
    kayaknya layak dicoba nich jeng
    Pinjam untuk blog Makanan Enak Ala Blogger ya jeng,please
    (langsung copy saja, nanti saya link ke mari hi nhi hi)

    Salam hangat dari Surabaya

     
    • dapurhangus

      September 29, 2012 at 12:16 am

      monggo Pak Dhe. Kalau dibilang enak sih saya masih suka nasi putih biasa, cuma unik aja.

       
  6. liannyhendrawati

    September 29, 2012 at 2:43 am

    wah cantiknya … pakai ubi ungu ternyata … pasti rasanya sangat enak .. :D

     
    • dapurhangus

      September 29, 2012 at 8:20 am

      lebih tawar sih mbak dari nasi biasa, kurang asin dikit lagi :)

       
  7. Siti Nurjanah

    September 29, 2012 at 4:10 am

    nasinya ungu,
    cantik dan unik

     
  8. Oci YM

    September 29, 2012 at 4:25 am

    Aih… jadi pengeeeen… saya juga pecinta warna ungu Mbak. gutlak yah kontesnya ^_^

     
    • dapurhangus

      September 29, 2012 at 8:21 am

      tossss…. ungumania, unguholic kita :)

       
  9. Lusi

    September 29, 2012 at 7:47 am

    Wah aku bikin nasi kuning, nasi gurih, semua jg pake magicom kok. Aku penganut mahzab Rachel Ray, tak boleh lebih dr 20 menit didapur wwkwkwkkk…. Btw wkt ke Maninjau, dipucuk gunung out of no where, ada rumah kayu yg membuat dan menjual es krim ubi ungu! Bingung, scr itu bukan makanan org gunung, bukan makanan orang desa, sdh gitu berani bgt cuma jualan es krim ubi ungu.

     
    • dapurhangus

      September 29, 2012 at 8:51 am

      wah aku ga temenan sama RR, kl di dapur bisa seharian tp seminggu sekali hihihi…

       
  10. Dina Begum

    September 29, 2012 at 7:52 am

    Waaah…. terbit air liurku! Coba ah. Makasih ya. Sejak tetanggaku yang jualan nasi uduk pindah rumah, aku jadi jarang makan nasi uduk. Kesempatan nih mengobati kerinduan sambil bereksperimen.

     
    • dapurhangus

      September 29, 2012 at 8:22 am

      Ayo ayo bereksperimen. Kalau gampang dan enak gini, dijamin ga rugi hehehe…

       
      • Dina Begum

        September 29, 2012 at 8:25 am

        Tapi…. ini baik buat menambah berat badan…. sementara aku………. *memandang peyut buncitku*

         
      • dapurhangus

        September 29, 2012 at 9:31 am

        ahhhh…apa kabar aku yang barusan abis 3 bungkus nasi bakar ungu? harus siapin korset akuuu

         
    • dapurhangus

      September 29, 2012 at 8:52 am

      ayo eksperimen. Ga akan rugi kalau gampang tapi enak gini :)

       
  11. Julia

    September 29, 2012 at 11:19 am

    yup magiccom is magic :) hihihihi

     
    • Ika Rahma

      September 30, 2012 at 12:57 am

      oh iya, eike baru kepikiran ya kenapa namanya magicom *dudul pisan aku*

       
  12. titi esti

    September 29, 2012 at 12:19 pm

    Ўä amppuuuun, bikinnya jauuuuuh Ɩέβϊн mudah dɑяi cari bahan. Siiip, cucok utk emak malastapibanyakmau sepertiku

     
    • Ika Rahma

      September 30, 2012 at 12:57 am

      cocok untuk yang anggota keluarganya banyak juga *cubit*

       
  13. Anonymous

    September 30, 2012 at 6:53 am

    aku paling suka ubi ungu, pengen coba ah… lagipula kayaknya gampang dan enak,

     
  14. nur baidha

    September 30, 2012 at 6:57 am

    mupeng banget, hm… yummy……….. buat.. buat!!!,…

     
  15. haya

    October 30, 2012 at 4:01 am

    Penampakannya keren mbak, pingin nyoba bikin tapi bakalan susah ĵµƍα nyari ubi ungu di tempat aku…

    Nunggu resep unik2 lainnya ahhhhh ^^ . Salam kenal mbak.

     
    • Ika Rahma

      October 30, 2012 at 4:57 am

      Salam kenal :), biasanya di supermarket ada mbak, ubi ungu Jepang. Biasanya ada 3 warna. Resep unik lain, waduh kudu nyari wangsit dulu inih :D

       
  16. Anonymous

    November 17, 2012 at 2:42 am

    aku mau ijin nyontek resep nya yah….

     
  17. biannur

    November 17, 2012 at 1:35 pm

    “Aduk rata lalu tekan tombol on. Kalau nggak nyala, berarti Anda lupa nyolokin kabel :p.”
    suka dengan kalimat diatas, kocaklah chef :)
    #belajarmasaksambilngakak

     
    • Ika Rahma

      November 18, 2012 at 8:43 am

      hehehe… asyik ada yang suka, nambah deh penggemar *siapin cap bibir+tanda tangan*

       
  18. Risna Risdiana

    July 20, 2013 at 2:34 pm

    Resepnya menarik, cara penyampaiannya seru dan lucu… thx ya mba ikaa

     
    • Ika Rahma

      July 20, 2013 at 6:13 pm

      terima kasih sudah mampir :)

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,779 other followers

%d bloggers like this: